Selasa, 23 Juni 2015

Tips mencari dan menentukan lokasi tanah yang bagus untuk dijadikan perumahan

Inforumahmurah - Rumah adalah salah satu elemen terpenting (primer) dari beberapa elemen kehidupan, seperti sandang (pakaian) dan pangan (makanan). Setiap pembangunan sebuah rumah tentunya akan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, tergantung dimana lokasi dan seperti apakah jenis tanah dimana rumah tersebut akan dibangun diatasnya.

tips-Memilih-lokasi-Rumah-di-Perumahan-murah

Lokasi yang strategis dan aksesnya mudah.

Salah satu tujuan utama membeli rumah adalah faktor keamanan, kemudahan akses, keindahan dan startegis untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti pergi ketempat kerja, belanja, olahraga dan sebagainya. Namun sebenarnya yang sangat penting dan harus mendapat perhatian lebih adalah, apakah kawasan rumah yang akan kita beli berada dikawasan rawan longsor atau banjir. Selain itu, hindari juga membeli rumah yang dibangun diatas lahan konservasi atau catchment area, karena bisa berpotensi ada pelanggaran sistem tata ruang yang dapat berakibat pada penggusuran rumah tinggal anda.

Disamping itu, pilihlah lokasi rumah yang memiliki prospek yang bagus kedepannya agar tidak ada penyesalan dikemudian hari. Tidak harus berada dikawasan elit ataupun strategis, namun carilah yang memiliki prospek bagus, seperti di dekat lokasi yang akan dibangun akses masuk jalan tol, pusat perbelanjaan, rumah sakit ataupun sekolah. Karena pada umumnya, lokasi yang strategis dan maju pastinya akan memiliki harga yang tinggi, dan ini bukanlah target yang terbaik untuk mendapatkan rumah murah.

Struktur tanah yang bagus.

Struktur tanah merupakan faktor utama dalam menentukan jenis pondasi yang akan dipergunakan untuk membangun pemukiman. Struktur tanah diperkotaan secara umum memiliki lapisan tanah yang relatif keras, dimana lapisan ini terletak diatas lapisan tanah yang cukup tebal, sehingga sangat baik untuk dijadikan pilihan perumahan.



Sebagai gambaran, pada permukaan tanah dasar sampai dengan kedalaman 5 sampai 8 meter, terdapat tanah yang relatif keras dengan perlawanan ujung konus (QC) pada alat sondir berkisar 20 - 50 Kg/Cm2. Sedang pada kedalaman 15 sampai 20 meter terdapat lapisan tanah lunak dengan QC lebih kecil dari 20 Kg/Cm2.

Tanah yang anda beli untuk dijadikan hunian tempat tinggal ada baiknya untuk di cek terlebih dahulu, baik kontur tanahnya maupun potensi tanahnya. Jika tanah tersebut termasuk tanah bergerak, maka sebaiknya anda tidak membelinya dan mecari dilokasi lain, karena struktur tanah bergerak sangat tidak baik jika dibangun rumah diatasnya.

Bebas banjir dan banyak pohon.

Perhatikan pula daerah disekitar rumah atau tanah yang akan kita beli untuk dijadikan tempat tinggal, pastikan bahwa rumah atau tanah tidak dalam daerah rawan banjir. Hal ini sangatlah penting, karena saat musim kemarau mungkin anda tidak akan tahu. Namun anda bisa bertanya pada tetangga disekitarnya. Selain itu, pohon yang banyak juga merupakan salah satu pertanda bahwa terdapat resapan air yang bagus, sehingga daerah disekitar pohon tersebut relatif aman dari bencana banjir. 

Tips-Membeli-Rumah-memiliki-banyak-pohon-untuk-resapan-air-bebas-banjir

Resapan air yang bagus juga dapat mempengaruhi tersedianya air sumur yang cukup untuk digunakan sebagai kegiatan sehari-hari seperti mandi, masak, mencuci dan sebagainya. Sehingga kita tidak selalu bergantung pada air dari PAM (perusahaan air minum).

0 komentar:

Posting Komentar